Kamis, 02 Oktober 2014

"Setelah Lulus Kuliah Mau Jadi Apa?"

Halo, sudah lama saya ga bikin tulisan di blog ini. Sekarang, saya udah jadi mahasiswa tingkat  akhir nih, sekarang udah mulai berpikir “mau kerja di mana setelah lulus dari teknik informatika gunadarma?”. Saya mulai mengasah kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Kira-kira kalau nanti kerja mungkin jadi staff dulu dengan gaji sebesar UMR lah ya. Tapi kalau dipikir-pikir sih ya, kalo kerja di perusahaan swasta atau pegawai negeri nanti pasti kerjanya di bawah tekanan. Mulai dari dapet proyek yang di luar kemampuan hingga dikejar deadline – itu menurut kerabat yang udah kerja di bidang IT.


Nah, berangkat dari pikiran-pikiran tersebut, saya punya ide untuk punya perusahaan sendiri. Selain, jadi pemilik perusahaan, saya juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Berdasarkan pengalaman saya, selama ini pembelajaran dan pelatihan tentang IT di wilayah kampus masih kurang. Kalau mengandalkan ilmu di kelas saja, pasti kurang dan bagi mahasiswa yang pemalu akan segan untuk meminta bantuan dari teman yang memiliki skill lebih di bidang IT. Untuk itu, saya ingin membuat usaha Pelatihan Di Bidang IT.

Saya memiliki beberapa planning untuk memulai usaha ini. Mulai dari mencari lokasi, cara pembelajaran, hingga promosi ke masyarakat. Nah, nerikut nih rencana saya untuk membuka bisnis ini:
·        Mengumpulkan Informasi
Tahap awal dalam membuka usaha ini adalah mencari informasi mengenai bisnis pelatihan di bidang IT. Saya akan menghubungi kerabat yang memiliki kemampuan di bidang IT, seperti bidang basis data, desain grafis, jaringan, hingga bahasa pemrograman,
·        Perizinan
Untuk usaha ini, saya akan mulai membuat Commanditaire Vennootschap (CV). Saya akan mengurus segala bentuk perizan untuk membuat usaha ini. Tentunya saya akan mengurus ke beberapa pihak yang terkait untuk membuat perizinan,
·        Mencari Lokasi
Mencari lokasi yang strategis adalah hal yang penting!! Misalnya, di wilayah tengah kota. Wilayah perkotaan memberikan nilai lebih karena masyarakat akan mudah menemukan lokasi usaha saya. Pilihan lokasi lain adalah di wilayah sekitar kampus. Wilayah kampus tentu sangat strategis, terlebih untuk kampus yang mengunggulkan jurusan It-nya seperti Gunadarma dan Binus,
·        Metode Pembelajaran
Untuk metode pembelajaran, saya akan memberikan pelatihan yang dibutuhkan saat para fresh graduate menginjak dunia kerja di bidang IT. Cara belajar mengajar akan dilakukan dengan fun agar mudah mudah dimengerti,
·        Promosi
Saya akan membuat promosi yang menarik melalui media cetak dan media elektronik. Untuk media cetak, saya akan menaruh promosi di koran dan majalah yang sudah memiliki nama besar. Untuk media elektronik, saya akan memulainya di internet dengan cara membuat website resmi dari usaha yang akan dibuat.

Itu tadi adalah langkan-langkah yang akan saya lakukan untuk berkecimpung di usaha Pelatihan Di Bidang IT. Seandainya cita-cita saya terwujud saya akan sangat bersyukur kepada Tuhan. Dan jika seandainya, kedepannya saya tidak ditakdirkan menjadi pengusaha, it’s ok to work for a company or government. Saya akan bekerja dengan sepenuh hati dan akan terus belajar. Yaa kalau bisa memilih saya ingin jadi PNS aja hehehe. Well, see ya next time.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar