Sabtu, 23 Februari 2013

Internet


Internet adalah suatu sistem  yang terdiri dari jaringan-jaringan kompter yang saling terhubung menggunakan sistem yang disebut Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk menghubungkan selruh penmgguna internet di seluruh dunia. Internet merupakan sutu jaringan besar, seperti jaringan regional SuraNet, PrepNet, NearNet, yang dikoneksikan secara bersama melalui TCP/Ip. Jadi, suatu jaringan tunggal tidak dapat dikatakan sebagai internet.

Internet pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANET). ARPENET bertujuan untuk menghubungkan komputer-komputer yang tersebar untuk menghindari dari serangan musuh yang bisa menghancurkan salah satu dari kompter milik mereka. Kelanjutan dari proyek ini adalah menghubungkan komputer-komputer di Amerika. Pada tahun 1977, ARPANET menghubungkan 4 situs, yakni UCLA, Stanford Research Institute  (SRI), UC Santa Barbara, dan University of Utah. Saat ini, terdapat tak kurang dari 4000,000 host internet di seluruh dunia.
Saat ini, kita dapat mengakses internet di manapun dan kapanpun berkat teknologi yang berkembang. Ada dua tipe pengaksesan internet, yaitu dial-up dan broadband. Broadband adalah kecepatan tinggi akses internet yang meliputi Digital Subscriber Line (DSL) yang terkoneksi melalui saluran telepon tembaga, internet kabel yang berjalan pada kabel koaksial berjenis serat, dan internet satelit. Yang memanfaatkan satelit sebagai sumbur untuk menyebarkan data. Sedangkan dial-up melibatkan Internet Service Provider (ISP)  untuk mengkoneksikan jaringan dengan menggunakan saluran telepon tembaga untuk mengirim data. Untuk versi mobile semisal handphone, inter dapat diakses melalui system yang disebut dengan General Packet radio Service (GPRS). GPRS merupakan system berbasis wireless (nirkabel) yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi yang lebih luas.



Source:
http://kutubuku.web.id/2461/perbedaan-antara-broadband-dan-dial-up-internet


Tidak ada komentar:

Posting Komentar