Minggu, 01 Januari 2012

Kisah Akhir Pencarian Universitas

Assalamualaikum wr wb.

Malam ini, gw mau cerita tentang pencarian gw buat milih Universitas. Okeh, kita mulai aja.

Dari awal masuk SMA gw bercita-cita banget mau kuliah di kampus tempat bersemayamnya para pemakai The Yellow Jacket a.k.a UNIVERSITAS INDONESIA. Waktu gw baru masuk Kelas XII, gw langsung ikut salah satu bimbel yang ada di bilangan Cinere. Sempet bingung sih tadinya milih bimbel tapi karna adanya bisikan-bisikan gaib dari ke-3 temen gw, yaitu Lathifa, Dinda, dan Adiz akhirnya gw milih ikut bimbel yang mereka ajak.

Hari demi hari berlalu, gw tetep gini-gini aja, belajar seperti biasa tanpa adanya motivasi untuk lebih giat. Mulai banyak yang menyarankan ke gw untuk kuliah di sini, di sana, di sono, yah banyak deh. Mulai dari sepupu gw yang udah berhasil masuk di Institut Pertanian Bogor. Dia nyuruh gw untuk masuk ke sana dengan sejuta rayuan yang dia punya. Ada lagi temen gw yang ngajak buat masuk STAN. Begitu pula dengan guru di sekolah gw yang banyak ngasih referensi tempat kuliah. Tapi gw tetep pengen di UI. Yak, apapun yang terjadi gw harus pake tuh Yellow Jacket.  

Berbagai Try Out udah gw ikutin, mulai dari try out USM STAN, SIMAK, dan yang paling sering ya try out UJIAN NASIONAL. Di sekolah juga setiap harinya ada Pendalaman Materi yang juga sering menyodorkan try out.  Di semester ke 2, ada kabar gembira. Kabar gembiranya itu adalah adanya SNMPTN Jalur Undangan. SNMPTN Jalur Undangan ini diberikan kepada 50% siswa tebaik di setiap kelas. Alhamdulillah, gw termasuk di dalam 50% itu. FYI, gw termasuk ke dalam Keluarga Besar XII IPA 2. Di Jalur Undangan ini, kita bisa milih 2 Universitas Negri yang tiap Universitasnya, kita dikasih 3 pilihan Jurusan yang kita mau. Kita bisa lampirin semua prestasi yang kita raih. Gw waktu itu ngelampirin 3 prestasi yang gw raih dan 2 di antaranya adalah prestasi gw di bidang Biologi. Waktu itu gw milih UI sama IPB. Untuk UI gw milih Teknik Komputer, Teknik Metalurgi dan Material, Ilmu Kesehatan Masyaraat. Untuk IPB gw milih Arsitektur Lansekap, Kedokteran Hewan, Agribisnis. Berkas udah dikirim dan sekarang tinggal menunggu hasil. Di mana pilihan gw bakal nyangkut dari 6 jurusan yang gw pilih.

Oh iya, waktu itu ada Try Out UN dari Gunadarma dan gw dapet nilai yang bagus. Gw dikirimin undangan buat masuk Gunadarma dan kalo gw terima bisa dapet beasiswa. Waktu itu tuh undangan gw abaikan. Gw juga mencoba peruntungan ikut seleksi buat dapetin beasiswa Universitas Bakrie.


Pengumuman Kelulusan pun diumumkan dan gw LULUS coy dengan nilai UN yang memuaskanlah. Beberapa minggu kemudian, SNMPTN Jalur Undangan akhirnya diumumin juga via online. Gw mulai nyalain laptop dengan harp’’ cemas. Gw lalu masuk ke website SNMPTN Jalur Undangan. Gw masukin identitas gw dan akhirnya..... “Maaf Anda Belum Berhasil Mengikuti Seleksi Jalur Undangan.” Saat itu, begitu sedihnya gw. Gw sampe nangis. Ya for your information, saat gw nulis ini, mata gw berkaca-kaca karna inget kejadian malem itu. Tapi temen-temen banyak yang ngasih dorongan, gw gak boleh larut dalam kesedihan, masih ada SNMPTN Tertulis. Gw niat belajar sungguh-sungguh biar bisa lolos di selksi SNMPTN Tertulis. Pilihan jurusan yang gw pilih juga masih sama.

Karna waktu itu, kegiatan sekolah udah ga ada, niat gw yang tadinya mau belajar bener-bener tapi akhirnya gw malah asik maen sama temen-temen gw bukannya belajar malah maen. Gak terasa, tau-tau udah Hari-H pelaksanaan SNMPTN Tertulis tingal sebentar lagi. Di Hari-H gw ngerjain soal dengan sebisa gw dan berharap bisa lolos seleksi. Dan beberapa minggu kemudian,  itu SNMPTN Tertulis diumumkan. Dan hasilnya tetep sama, gw ditakdirin emang ga masuk di 2 Universitas yang gw pilih.

Ya mungkin ini sebagian emang takdir Tuhan dan sebagian merupakan kesalahan gw yang cuma ngomong doang mau masuk Universitas yang gw pengen tapi ga rajin belajar. Okelah, akhirnya undangan beasiswa dari GUNADARMA pun gw terima. Gw ga sendiri, ternyata banyak temen’’ 1 sekolah yang anak IPA juga ngambil beasiswa ini. Ada Roma, Vandeim, Andi, Reza, Dimas, Nosha, Eka, dan Izyana.


"everything happens for a reason."

Gw sadar, nyesel ga ada gunanya lagi. Yang harus gw lakuin sekarang adalah jalanin aja apa yang udah dikasih sama Allah, kuliah yang bener biar dapet IPK yang bagus. Kan kalo IPK bagus, pasti gampang buat cari kerja dan pastinya bikin bangga orangtua. SUKSES BERSAMA UG !!


Sekian cerita gw, ambil hikmah dari cerita gw ini.

Wassalamualaikum wr wb.

Ini dia Kartu Peserta SNMPTN Jalur Undangan punya gw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar