Minggu, 08 April 2012

Budaya Arisan

“......Ayo, dikocok dikocok.”

Apaan tuh yang dikocok ?

Nah, yang pengocokon di sini itu adalah pengocokon atau pengundian dalam acara ARISAN. Yap, arisan. Pasti kebanyakan orang Indonesia pasti tau apa itu arisan, pernah denger, atau malahan pernah ikut acara yang telah menjadi budaya di Indonesia ini.

Arisan adalah sebuah acara yang dilakukan oleh sekumpulan orang yang mengumpulkan uangnya pada suatu periode tertentu yang nantinya hasil dari pengumpulan uang tersebut akan diberikan kepada anggota yang mendapatkan undian.


Anggota yang mendapatkan undian diharuskan untuk membuat acara berikutnya dan pada waktu itu akan diundi kembali siapa yang mendapat arisan untuk periode selanjutnya.

Biasanya, anggota yang mendapat arisan akan menjamu para anggota lain di rumahnya atau di tempat yang telah dia tentukan.

Dalam arisan, kita bisa bersilaturahmi dengan anggota lainnya, berbisnis dan lain sebagainya. Kenapa bisa berbisnis ? Karena dalam arisan, kita bisa mempromosikan atau menjual barang yang kita punya kepada anggota lainnya.

Btw, untuk para muslim dan muslimah, apa sih hukum melakukan arisan ? Banyak ulama yang berpependapat bahwa arisan adalah ‘mubah’ (dibolehkan) selama bertujuan untuk bersilaturahmi dan melakukan hal’’ positif, namun arisan bisa menjadi haram jika sudah melanggar ajaran Islam, seperti berarisan hanya untuk merumpi.

Tidak jarang, banyak sekumpulan orang yang tadinya arisan dengan tujuan untuk bersilaturahmi, namun mereka malah membicarakan hal’’ yang tidak berguna seperti membicarakn orang lain di dalam acara arisan. Nah, inilah yang tidak boleh dilakukan.

Oh well, Arisan sudah menjadi budaya yang mendarah daging di Indonesia, lanjutkan tradisi ini jangan sampai tradisi ini hilang ditelan zaman.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar